Rabu, 14 Mei 2008

KOTA PADANG

Kota Padang terletak di 0 58'44' Lintang Selatan dan 10 21'21" Bujur Timur. Luas Wilayahnya 700 km2 dengan 15 pulau kecil-kecil, berpenduduk sekitar 800.000 jiwa. Sebagai kota pantai udaranya berkisar 28 Celcius s/d 32 C di siang hari dan 24 C s/d 25 C di malam hari. Curah hujan rata2 pertahun 306 mm.Dibagian selatan Padang terdapat pantai-pantai berpasir putih dan di arah timurnya terdapat bukit-bukit yang menyajikan pemandangan alam yang indah
Pantai Padang sebagai salah satu obyek wisata yang ada di Sumatera Barat tepatnya di kota Padang yang merupakan obyek wisata unggulan yang berada dibelahan barat kota Padang yaitu di jalan Samudera dan merupakan bagian tepi dari samudera Hindia yang tentunya harus dipersiapkan oleh Pemko Padang sebagai obyek wisata yang memberikan suatu daya tarik tersendiri bagi wisatawan sebagai daerah yang merupakan gerbang wisata dari Sumatera Barat.Untuk itu Kota Padang perlu mempersiapkan daerahnya baik dari segi obyek wisata,sarana dan prasaran pendukung,kemampuan Sumber Daya Manusia,transportasi,sampai dengan masalah keamanan untuk menjaring wisatawan berkunjung ke Pantai Padang di kota Padang pada khususnya dan daerah Sumatera Barat pada umumnya.
Pantai Padang salah satu objek wisata yang cukup dikenal di Sumatera Barat, bahkan hingga ke daerah lainnya. Pantai Padang ini mudah dijangkau pengunjung, tak seberapa jauh dari pusat kota, berada dibelahan barat Kota Padang.
Di tepi Pantai Padang pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan pemandangan laut, atau berolah raga. Malahan hampir setiap sore hari para pengunjung mendatangi pantai Padang, terkadang sengaja untuk menikmati Sunset menghabiskan waktu senja. Di sepanjang pantai tersedia fasilitas hotel, restoran, bangku-bangku dan payung-payung tatap pantai, toilet umum, mushalla atau warung-warung makanan yang menjual masakan Padang. Selain itu makan khas rujak, telur penyu, jagung bakar, dan pisang goreng. Di pantai ini sering di selenggarakan acara seni budaya dan keramaian kesenian lainnya.
Kota Padang yang dewasa ini jumlah penduduknya hampir mencapai satu juta jiwa dimana Pemerintah Kota Padang telah memprioritaskan tiga sektor unggulan guna menatap masa depan yang lebih baik,yakni:
1. Sektor Perdagangan,jasa dan industri
2. Sektor Perikanan,dan
3. Sektor Pariwisata
Sejalan dengan perkembangan kepariwisataan sektor jasa yang tumbuh adalah :
1. Jasa akomodasi hotel,bisnis Restoran dan Bar
2. Jasa transportasi
3. Jasa perbankan
4. Jasa biro perjalanan wisata
5. Jasa hukum
6. Jasa hiburan
7. Jasa pelayanan konvensi
8. Jasa keamanan
9. Jasa kebersihan
10. Jasa kesehatan
11. Jasa even organizer, LO, secretariat services,dan
12. Jasa lainnya seperti: Pramuwisata, petualangan, sport activities, pusat perbelanjaan dll.
Pada tahun 2008, Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenibud) Kota Padang mentargetkan 1.423.824 kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Padang Kota tercinta ini. Jumlah dimaksud terdiri 25.888 wisatawan asing dan 1.397.936 wisatawan domestik. Target kunjungan wisatawan itu meningkat sebesar 4,5 persen dari tahun 2007 lalu, sebanyak 1.417.422 orang (DinPar Kota Padang).

Tidak ada komentar: